Kamis, 12 Januari 2012

STOP Bercanda dengan kata "AUTIS LOE"

Pernah denger gak, atau pernah mengeluarkan kalimat diatas ketika bercanda dengan teman? kenapa akhirnya saya memilih judul diatas..?
mungkin sebagian orang merasa, kata-kata diatas adalah kata-kata wajar, dan saya tau persis, tidak ada maksud menyakiti dengan kata-kata itu, tapi... ijinkan saya bercerita, tentang 2 kisah dari seorang wanita hebat, saya memanggilnya mba silvi. Wanita hebat yg kujumpai di forum diskusi kala itu.....

"di sela waktu ku bekerja siang itu, saya sengaja browsing ke sebuah forum wanita, tidak sengaja saya klik artikel tentang kisah hidup seorang wanita sekaligus Ibu yang luar biasa hebatnya, menginspirasi bangetlah. Ia menuliskan kehidupan sehari-hari yang ia jalani dengan putri tercintanya. Malaikat kecil yang yach... berbeda dengan yang lainnya. Tuhan menggariskan ia sebagai anak autis......
sehari-harinya, ada saja yang membuat Ia senam jantung, bagaimana tidak, dari si malaikat kecil menempelkan setrika panas di atas tangannya, bau daging matang tiba-tiba tercium, keadaan tangan yang sangat mengerikan sekali, daging putih yang cepat sekali berubah menjadi kuning, atau si Malaikat kecil yang terjatuh saat berlari, bermain sepeda sampai kepalanya terbentur, darah yang keluar semakin deras, tapi si malaikat kecilnya terus saja berceloteh seakan tak merasakan sakit. Betapa seringnya Wanita ini keluar masuk ruang UGD, dan sudah berapa kali ia harus pingsan...

namun, saya salut dengan kegigihan wanita plus Ibu hebat ini, Ia selalu bangga dengan anaknya yang autis, ia bahkan tak mau menyerahkan aktivitas memasak untuk si buah hati pada pembantunya, karena hanya dia lah yang mengerti berapa takaran gizi yang dibutuhkan si buah hati. Ia tak pernah membentak, marah bahkan bermain tangan. Ia sadar, Tuhan adalah ARSITEK hebat dalam menciptkan makhluknya, dibalik kekurangan malaikat kecilnya, Airmata haru selalu tumpah tatkala Ia melihat malaikat kecilnya fasih memainkan jemarinya di atas tuts piano, berceloteh menggunakan bahasa inggris, sampai-sampai ia merasa berbicara dengan seorang anak bule :)"

Cerita kedua dari seorang wanita dan Ibu juga tentunya, namanya Mba henny (saya jadi teringat padanya), saya mengenalnya lebih dekat, bahkan dekat sekali...
seperti mba silvi, ternyata wanita ini dikarunia buah hati hebat dari TUHAN.. dua wanita ini, sama-sama tegar, kuat, dan paling penting adalah sabar.... mereka tidak pernah mengeluh, ikhlas bahkan dengan telatennya mereka selalu membimbing, ikut membantu si buah hati menemukan bakatnya. Tidak jauh beda dengan mba silvi, mba henny juga tidak kalah hebatnya dalam menghadapi putra tercintanya, ia tak pernah menunjukkan bahwa dirinya terbebani, lagi-lagi mereka berdua percaya bahwa TUHAN tidak pernah gagal dalam menciptakan.. meski pernah hampir saja, ia harus dibuat kebingungan mencari putranya yang tiba-tiba lari dari dalam rumah, berulah ini dan itu bahkan tidak tau kalau hal itu akan melukainya...arghh pasti begitu menyesakkan hati :(

lalu.. apa hubungannya dengan judul yang saya usung?
memang... saat ketika saya berkumpul dengan teman-teman saya, dalam suasana penuh canda, ada beberapa teman saya yang mengatakan "autis banget sih loe kalau udah megang hp!" "fir,kasih tau gih,dia jangan autis gitu,kek orang sakit aja" semuanya tertawa, memang sih saya tau mereka hanya bercanda, tapi saya jadi berpikir, kalau di dekat kami ada seorang Ibu yang sedang bersama anaknya yg autis.. betapa tidak enaknya perasaan Ibu tersebut? sontak perasaan saya langsung ciut, cuma bisa senyum nyengir asem banget, saya jadi ikut merasakan, bagaimana perjuangan hebat mereka... tapi sayang sekali jika ada candaan yang kurang hati-hati seperti ini :)

So, its not good statement to jokes,,, lebih berhati-hati yuk... :)
buat mba silvi dan mbak henny.... terimakasih sudah menginspirasi ku hari ini ^_^

0 komentar:

Posting Komentar